10 Prospek Kerja Sarjana Sistem Informasi yang Menjanjikan

Prospek Kerja Sistem Informasi

g-academy.net – Prospek kerja Sistem Informasi atau SI makin lama menjanjikan belakangan ini. Banyak perusahaan yang butuh lebih dari satu peran yang sanggup diisi oleh kamu berasal dari jurusan Sistem Informasi. Namun, sesungguhnya apa itu Jurusan Sistem Informasi? Apakah sama dengan Teknik Informatika? Seberapa menjanjikan prospek kerja Sistem Informasi? Bagaimana proyeksi karier dan gajinya? Yuk, liat artikel ini sampai selesai. Kami akan menyatakan dengan cermat bagaimana uraian karier untuk lulusan Jurusan Sistem Informasi.

Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi

1. Software developer

Seorang lulusan sistem Info termasuk berpotensi untuk berkarier sebagai software developer. Pekerjaan ini meliputi pembuatan, pengembangan, dan pengujian program-program perangkat lunak komputer. Software developer bisa mengakibatkan beraneka model perangkat lunak seperti sistem operasi, network distribution, serta software compiler yang mengkonversi program untuk dieksekusi komputer.

Perangkat lunak inilah yang nantinya akan menopang kelancaran usaha di beraneka bidang. Selain itu, perangkat lunak termasuk menopang menaikkan produktivitas perusahaan secara tepat waktu. Software developer dibutuhkan oleh beraneka industri, jadi berasal dari perusahaan ritel, sektor kesehatan, industri pariwisata dan hiburan, layanan keuangan, sampai media.

2. Network administrator

Sebagai lulusan sistem informasi, kamu sanggup berkarier sebagai seorang network administrator. Lingkup kerjanya jadi berasal dari penaksiran hal yang diperlukan klien tentang sistem informasi, sampai mendesain dan mengembangkan sistem Info baru dan juga memasangnya. Apabila kamu mendambakan berhasil di bidang ini, mengasah kemampuan matematika dan problem solving adalah sebuah keharusan.

3. Information security analyst

Prospek kerja lainnya untuk lulusan sistem Info adalah sebagai information security analyst. Pekerjaan ini bertugas mendesain dan melakukan usaha pengamanan teknologi untuk memelihara beraneka macam layanan teknologi informasi.

Jaringan komputer, data yang tersimpan didalam sistem informasi, sampai program perangkat lunak adalah hal yang dicakup oleh seorang information security analyst. Seorang information security analyst juga diperlukan untuk mengembangkan ide recovery system jika berlangsung malfungsi atau crash pada program.

4. System analyst

Seorang lulusan sistem Info termasuk sanggup bekerja sebagai system analyst. System analyst sendiri adalah pekerjaan yang punyai tanggung jawab untuk mendesain solusi didalam teknologi informasi.

Kamu pun bertanggungjawab untuk memodifikasi dan mengadaptasi sistem yang ada dan mengintegrasi fitur-fitur baru sehingga ada efisiensi dan produktivitas didalam bisnis. System analyst akan terjun didalam proyek-proyek yang mengharuskannya memeriksa sistem atau model usaha yang telah ada untuk sesudah itu menganalisis keperluan sistem tersebut. Setelah itu, seorang system analyst melakukan pengembangan produk dan mengimplementasikan, mengatur, dan menguji solusinya didalam sistem.

5. Data analyst

Menurut Baker College, berkarier sebagai seorang data analyst adalah sebuah mungkin andaikata kamu meniti jurusan sistem Info selama kuliah. Hal ini karena, seorang data analyst akan bergelut dengan bhs dan prosedur coding untuk menganalisis dan juga mengaplikasikan data demi mengakibatkan keputusan.

Seseorang yang lulus berasal dari jurusan ini, pasti akan familiar dengan coding dan berurusan dengan data informasi. Sehingga, kamu tidak wajib banyak studi tentang hal teknikal dikarenakan telah miliki kebiasaan semasa kuliah.

6. Database administrator

Seorang lulusan sistem Info termasuk sanggup bekerja sebagai database administrator. Pekerjaannya meliputi mengurutkan dan sesuaikan data didalam lapisan spesifik untuk memudahkan pengguna data spesifik untuk mengaksesnya secara eksklusif.

Pekerjaan seorang database administrator juga berfaedah untuk sesuaikan sebuah database agar sanggup berfaedah baik dan akurat. Jika kamu mendambakan menggeluti pekerjaan ini, kamu dituntut untuk punyai kemampuan berpikir kritis, problem solving, kerja tim, dan komunikasi yang baik. Secara teknis, kamu wajib familiar dengan bahasa-bahasa yang wajar dikenal dalam data manipulation serta mengetahui komitmen desain database.

7. Data scientist

Menurut Prospect, kamu pun sanggup berkarier sebagai seorang data scientist, lho. Seorang data scientist sendiri bertanggung jawab untuk memproduksi data mentah jadi sebuah Info yang berfaedah bagi bisnis. Kamu yang telah kerap berinteraksi dengan data semenjak kuliah, pasti punyai keunggulan untuk berkarier di bidang ini.

Baca Juga : 7 Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri yang Menjanjikan

8. ERP consultant

Lulusan sistem Info sanggup berkarier sebagai ERP consultant yang bertanggung jawab untuk sesuaikan paket software ERP (enterprise resource planning). ERP adalah software manajemen sistem usaha yang menopang organisasi untuk mengfungsikan aplikasi yang terintegrasi pada beraneka kegunaan berkaitan teknologi, jasa, dan sumber energi manusia.

Dalam hal ini, ERP consultant berfungsi untuk mengetahui keperluan dan ide-ide para klien yang sesudah itu dikembangkan didalam penyediaan ERP. Tujuan utama seorang  ERP consultant adalah memastikan software ERP bekerja dengan baik dan efisien, dan juga mengembangkan solusi untuk kasus yang muncul.

9. Technical support specialist

Prospek karier untuk lulusan sistem Info lainnya adalah technical support specialist. Dikutip dari Indeed, posisi ini bekerja langsung dengan end users. Bertanggung jawab pada persoalan teknikal, hardware, dan software. Seorang techincal support specialist juga menyediakan dukungan, tips, dan dokumentasi teknis untuk pengguna kegunaan menghambat isu kembali terjadi.

10. Business analyst

Jika kamu tertarik dengan angka dan keuangan, kamu sanggup berhasil berkarier sebagai seorang business analyst berkat kemampuan teknikal yang telah dilatih selama kuliah. Seorang business analyst harus sanggup mengfungsikan peralatan dan model data science untuk memberi kesimpulan dan juga petunjuk usaha berdasarkan data yang diperoleh. Seorang business analyst juga sanggup melakukan perbaikan sistem didalam usaha dan memberi laporan berbasis data ke jajaran eksekutif perusahaan.