Untuk Lulusan Teknik Elektro Inilah 11 Prospek Kerjanya

prospek kerja elektro

g-academy.net – Bagi Anda yang tetap bingung pilih jurusan kuliah, teknik elektro bisa saja bisa jadi salah satu pilihan Anda. Mengapa teknik elektro? Apa yang bisa Anda pelajari di dalam jurusan ini? Artikel ini dapat mengimbuhkan gambaran perihal jurusan teknik elektro, materi kuliah, dan juga prospek kerja teknik elektro.

Apa itu Jurusan Teknik Elektro?

Teknik elektro adalah bagian berasal dari bidang teknik (engineering) yang mempelajari, mendesain dan mengaplikasikan komponen dan sistem yang menggunakan listrik (electricity), elektronika (electronics) dan electromagnetism. Di jurusan ini kamu dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman perihal konsep, desain, pengembangan, dan manufaktur perangkat listrik dan elektronik.

Selain itu, kamu termasuk dapat mendalami metode pembangkit listrik bersama sumber daya baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol hemat energi. So, kamu tidak hanya dapat berurusan bersama kabel-kabel nantinya, tetapi termasuk studi perihal desain, pengembangan, dan juga pengawasan mengolah peralatan elektronik juga. Menarik, kan!

1. Project engineer

Salah satu prospek kerja lulusan teknik elektro adalah menjadi project engineer. Profesi ini mempersiapkan, menjadwalkan, dan mengoordinasi dan juga mengawasi keberlangsungan proyek-proyek perihal bidang teknik yang dijalankan perusahaan.

Dalam pengawasan ini, project engineer harus meyakinkan bahwa semuanya terjadi sesuai bersama ketetapan dan kode etik perusahaan dan juga standar mutu yang berlaku. Project engineer juga bertugas untuk berkomunikasi dengan project manager dan semua orang yang terlibat di dalam proyek.

2. Software developer

Software developer atau pengembang perangkat lunak adalah salah satu prospek kerja para lulusan teknik elektro yang saat ini tengah benar-benar diperlukan oleh banyak perusahaan. Dikutip dari Bitdegree, sebagai software developer, tugasmu adalah berkutat bersama pemrograman, manajemen, dan konfigurasi perangkat lunak komputer.

Untuk jadi seorang software developer, diperlukan kreativitas dan kapabilitas berpikir gawat untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak baik untuk pc maupun smartphone. Tidak hanya mesti mahir bersama teknologi, software developer pun dituntut untuk bisa sadar keperluan pengguna dan mendesain atau mengembangkan software sesuai bersama hal tersebut.

3. Pertambangan

Dalam pertambangan, tersedia pula prospek juruan teknik elektro yang lumayan menarik. Pasalnya, di dalam sistem pertambangan, tersedia banyak permesinan dan kelistrikan yang mesti ditangani oleh ahlinya. Seorang teknisi elektro kebanyakan bertugas untuk memelihara, memperbaiki, dan mengimbuhkan solusi bagi permasalahan-permasalahan yang terkait bidangnya di industri pertambangan.

Baca Juga : 10 Prospek Kerja Sarjana Sistem Informasi yang Menjanjikan

4. Manufaktur

Lulusan jurusan teknik elektro pasti benar-benar diperlukan di inudstri manufaktur. Untuk sistem produksi, kelistrikan memilik peran yang penting. Di industri manufaktur, kamu bisa jadi engineer atau teknisi dan tetap meniti karier berasal dari th. ke tahun. Bahkan, kamu termasuk bisa jadi staf produksi.

5. Control engineer

Biasanya, profesi ini lebih dikenal sebagai C&I atau control and instrumentation engineer. Tanggung jawab C&I engineer sebagai salah satu prospek kerja teknik elektro adalah pengembangan, desain, instalasi, pengaturan, dan perawatan peralatan.

Peralatan ini digunakan untuk memantau dan mengendalikan sistem, mesin, dan juga sistem suatu industri. Hal perlu yang mesti dijalankan seorang C&I engineer adalah untuk meyakinkan bahwa sistem dan sistem peralatan bisa beroperasi secara efektif, efisien, dan aman.

6. Electrical design engineer

Sebagai profesional di bidang ini, tugasmu adalah mengaplikasikan komitmen teknik elektro dan sains material untuk sistem analisis, desain, instalasi, dan juga perawatan sistem kelistrikan. Salah satu prospek kerja teknik elektro lainnya ini dapat terlibat berasal dari hulu ke hilir soal kelistrikan.Jika tertarik bekerja sebagai electrical design engineer, kamu mesti mahir di dalam bidang IT dan memiliki kapabilitas pemecahan masalah yang baik selain memiliki ijazah teknik. Tidak hanya itu, kamu termasuk mesti menguasai software pc aided design (CAD), konsep manajemen proyek, dan sadar kode kelistrikan.

7. Industri otomotif

Tentu saja, pengetahuan teknik elektro dapat benar-benar diperlukan termasuk di industri otomotif. Di Indonesia, industri otomotif tetap mengalami perkembangan yang benar-benar pesat.

Seseorang bersama latar belakang jurusan teknik elektro memiliki prospek kerja sebagai pakar di bidang kelistrikan. Pasalnya, dunia otomotif tak bisa terlepas berasal dari kelistrikan. Tidak hanya bagi kendaraan yang diproduksi itu sendiri, pemahaman dapat kelistrikan dapat diperlukan termasuk untuk mesin-mesin pabrik.

8. Biomedical engineer

Menurut U.S. Bureau of Labor Statistics, biomedical engineer adalah pekerjaan yang mengkombinasikan komitmen teknik dan sains. Secara spesifik, paduan pengetahuan ini bertujuan untuk membuat peralatan, sistem komputer, dan software yang berhubungan bersama pengetahuan kedokteran atau kesehatan. Ini termasuk termasuk di di dalam tekun pengetahuan teknik elektro.

9. Telecommunication engineer

Telecommunnication engineer adalah pekerjaan yang berhubungan bersama desain dan instalasi peralatan telekomunikasi. Pekerjaan ini banyak berhubungan bersama radio, televisi, satelit, jaringan komputer, internet, optical fiber, dan lainnya. Komunikasi tentu saja adalah hal yang perlu bagi kehidupan manusia. Oleh gara-gara itu, prospek kerja teknik elektro yang satu ini dianggap benar-benar gemilang.

10. Industri otomotif

Tentu saja, pengetahuan teknik elektro dapat benar-benar diperlukan termasuk di industri otomotif. Di Indonesia, industri otomotif tetap mengalami perkembangan yang benar-benar pesat. Seseorang bersama latar belakang jurusan teknik elektro memiliki prospek kerja sebagai pakar di bidang kelistrikan. Pasalnya, dunia otomotif tak bisa terlepas berasal dari kelistrikan.

11. Aerospace engineer

Aerospace engineer adalah insinyur yang terlibat di dalam desain dan pembuatan pesawat, satelit, dan sejenisnya. Ia termasuk dapat terlibat di dalam pembuatan sistem. Selain di Indonesia, prospek kerja jurusan teknik elektro yang satu ini termasuk banyak di luar negeri. Jadi, kamu berkesempatan untuk berkarier lebih jauh lagi kalau tetap mengembangkan kemampuanmu.

Categories: Edukasi, Kampus, Universitas Tags: Tag: